Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas – Laptop memang sebuah barang tipis dan minimalis yang sangat praktis digunakan. Laptop merupakan pengganti komputer dari segi bentuk, karena bisa kita bawa kemana saja. Dibandingkan dengan komputer yang memiliki bentuk yang besar.

Laptop memiliki kinerja yang tidak jauh berbeda dengan komputer, oleh karena itu tidak heran jika laptop banyak yang menggunakannya untuk kepentingan dari masing-masing pengguna. Namun, karena bentuknya yang kecil dan tipis, sehingga pendingin (kipas) pada bagian laptop sangat minimalis.

Karena tidak terlalu cukup untuk laptop memasang pendingin didalamnya, dan hanya satu buah saja yang tersedia yaitu untuk mendinginkan processor. Dan hal ini yang menyebabkan jika laptop cepat sekali panas ketika digunakan. Dan ini disebabkan karena kumpulan komponen yang lainnya tidak memiliki ruang pendingin (kipas), seperti RAM, Motherboard, dan hardisk drive.

Tapi, alangkah baiknya jika kita tidak membiarkan hal tersebut begitu saja. Dan kalian harus paham, jika keadaan laptop panas, maka kinerja laptop akan terganggu misalnya lambat hang atau not responding ketika dipakai. Dan untuk mengatasi nya silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Atau Overheat Dengan Mudah

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Dengan Mudah

Berikut merupakan solusi yang bisa kalian terapkan untuk menghindari laptop yang cepat panas. Agar laptop kalian masih tetap optimal, dan kinerja laptop tidak terganggu. Simak dibawah ini.

1. Aturlah Jadwal Pemakaian

Perlu diketahui, jika laptop cepat panas karena penggunaan yang tidak ada henti dan jangka waktu yang panjang. Sebaiknya, kalian atur jadwal ketika ingin menggunakannya lagi, dan jangan terlalu memaksakan karena laptop pun perlu istirahat agar sistem kembali optimal lagi.

Dan gunakan mode sleep jika diperlukan. Namun, jangan terlalu menggunakan mode ini dan mode hibernate. Karena akan menyebabkan masalah lainnya pada laptop. Dan lebih baik laptop di shutdown.

2. Jangan Membuka Banyak Program

Tips selanjutnya yaitu, dengan membuka program atau software seperlunya saja. Jangan terlalu membuka banyak sekali program karena akan membuat laptop menjadi panas.

Jika program yang kalian buka sedikit, maka processor akan bekerja lebih ringan lagi dan sistem masih berjalan optimal. Dan laptop tidak akan gampang panas ketika digunakan.

3. Gunakan Alas Yang Keras

Mungkin hal ini sepele, tapi sangat berpengaruh ketika kalian meletakkan laptop diatas bantal atau selimut. Pasalnya, hal tersebut akan membuat laptop kalian semakin panas.

Untuk itu sebaiknya gunakan alas laptop yang sedikit keras, misalnya meja, tripleks dan benda yang lainnya.

4. Ruangan Dengan Pendingin Udara

Hal yang sangat dianjurkan selanjutnya adalah, ada baiknya ketika kalian menggunakan laptop yang ada pendingin udara. Karena udara dingin bisa membuat suhu laptop tidak akan cepat panas.

Seperti ruangan yang ber-AC. atau memanfaatkan kipas angin, atau kipas pendingin. Dengan begini, maka laptop kalian bisa lebih stabil.

5. Menyesuaikan Program Dengan Kemampuan Laptop

Hindari untuk memasang sebuah program yang berat, jika laptop yang kalian gunakan versi lama dan memiliki spesifikasi yang biasa saja. Oleh karena itu, sebaiknya kalian harus pintar menyesuaikannya.

Dan instll aplikasi biasa dan seperlunya saja. Seperi Microsoft Office, Word, Powerpoint. Dan jangan coba meginstall program berat, karena laptop akan memaksakan untuk dapat bekerja dan bisa mengakibatkan menjadi cepat panas.

6. Periksa Software

Jika kalian pernah menginstall software, dan setelah itu laptop kalian tidak bisa beroperasi normal dan sebagainya. Bisa jadi, merupakan pengaruh dari software yang telah kalian install tadi. Oleh karena itu, sebaiknya segera uninstall.

7. Bersihkan Laptop

Hal yang perlu kalian perhatikan adalah tentang kebersihan laptop. Sebaiknya bersihkan laptop seminggu sekali secara rutin, untuk menghilangkan debu atau kotoran yang ada. Karena hal tersebut membuat sirkulasi tdak berjalan lancar.

Dan salah satu penyebab laptop mudah panas. Oleh karena itu, lakukan secara rutin agar laptop kalian bisa berjalan secara optimal.

8. LCD Laptop Jangan Terlalu Terang

Ketika menggunakan laptop, kalian harus menyeimbangkan LCD laptop tersebut. Maksudnya, jangan terlalu terang dan jangan terlalu redup. Kalian bisa mengatur LCD tersebut sesuai kebutuhan dan kenyamana mata. Hal ini merupakan salah satu cara agar laptop kalian tidak gampang panas.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Laptop Tidak Konek Ke Wi-Fi

Akhir Kata

Nah, demikian saja yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas. Denan menerapkan cara yang telah kami berikan diatas, sehingga laptop kalian tidak mudah panas dan tetap berjalan secara optimal dan tanpa mengganggu kinerja yang lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.